Wisata Asik Kita

Jumat, 29 Desember 2023

Wisata Kota Tua, Wisata Sejarah di Jakarta

 


Anda ingin  menikmati liburan dalam suasana yang berbeda dari biasanya?

Yuk kunjungi destinasi wisata Kota Tua Jakarta! Kami memiliki beragam tur untuk dinikmati bersama anak kecil. Mulai dari yang bernuansa sejarah dan pendidikan hingga yang enak dipandang. Tertarik, simak ulasannya dibawah ini.

Mengenal Kota Tua Jakarta

Wisata Kota Tua Jakarta atau dikenal juga dengan nama Batavia Lama (Oud Batavia), sebuah kawasan kecil di Jakarta, Indonesia. Daerah khusus ini meliputi Jakarta Utara dan Jakarta Barat dan memiliki luas 1,3 kilometer persegi. Wilayah ini juga disebut sebagai "Permata Asia" dan "Ratu Timur" oleh para pelancong Eropa pada abad ke-16. Kota Tua Jakarta pada saat itu dianggap sebagai pusat perdagangan benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya yang kaya. Kawasan ini penuh dengan bangunan tua yang terpelihara dengan baik, masing-masing memiliki kisahnya sendiri. Hal ini dapat memastikan bahwa semua pengunjung mendapatkan edukasi. Destinasi wisata dengan nuansa Eropa yang kental ini menawarkan pengalaman yang benar-benar berbeda. Artinya hanya sedikit kendaraan yang bisa melewati kota tua. Oleh karena itu, udara di sekitar kota tua sangat bersih dan tidak terbebani asap knalpot kendaraan yang lalu lalang sehingga menciptakan nuansa kota Eropa.Kota Tua kini juga menjadi zona rendah emisi atau low emisi zone.

Sejarah Kota Tua

Sejarah Kota Tua Jakarta dimulai pada tahun 1526 ketika Fatahillah diperintahkan Kesultanan Demak untuk menyerang pelabuhan Sunda Kelapa milik Kerajaan Padjadjaran. Setelah ditaklukkan oleh Kesultanan Demak, pelabuhan ini akhirnya berganti nama menjadi Jayakarta. Sekitar tahun 1619, pasukan VOC di bawah pimpinan Jan Peterzohn Cohen menghancurkan Jayakarta dan namanya diubah kembali menjadi Batavia. Pada tahun 1635, wilayah Batavia meluas sampai ke tepi barat Sungai Ciliwung. Kemudian didesain menjadi bangunan bergaya Belanda, dengan adanya kanal yang memisahkan beberapa blok yang ada. Dan ketika seluruh pembangunan selesai pada tahun 1650, Batavia dijadikan sebagai markas VOC untuk Hindia Timur. 

Selain itu, kawasan Batavia juga dijadikan sebagai pusat perdagangan di Asia, baik melalui jalur perdagangan internasional maupun jalur laut. Juga dikenal sebagai ``Permata Asia'' dan ``Ratu Timur'' , Pada masa Perang Dunia II, Batavia yang masih berada di bawah kekuasaan kolonial Jepang mengubah namanya kembali menjadi Jakarta. Gubernur Ali Sadikin mengeluarkan Keputusan Gubernur pada tahun 1972 yang menetapkan Kota Tua sebagai situs cagar budaya. Tujuannya untuk melestarikan sejarah arsitektur kawasan. Saat ini Kota Tua menjadi destinasi wisata sejarah yang tidak membosankan namun seru dan menyenangkan.

Rute Menuju Lokasi Kota Tua

Rute menuju tempat wisata di Kota Tua Jakarta sangat mudah. Tempat ini dapat dikunjungi dengan mobil pribadi maupun angkutan umum. Pengunjung yang berangkat dari Bogor atau Tangerang bisa naik KRL dan turun di Stasiun Jakarta Kota. Jalan kaki kurang lebih 200 meter menuju Taman Fatahillah, jantung Kota Tua. Alternatif lain bisa naik TransJakarta dan turun di halte Museum Fatahillah. Karena Kota Tua dapat ditetapkan sebagai destinasi wisata umum, maka tidak ada peraturan khusus mengenai jam buka. 

Kota Tua Jakarta biasanya buka 24 jam sehari dari Senin hingga Minggu setiap minggunya. Pengunjung  juga tidak perlu khawatir soal harga tiket. Jika membawa mobil sendiri, maka  hanya perlu membayar biaya parkir mobil yang digunakannya. Fasilitas di sekitar Kota Tua antara lain penyewaan sepeda, ATM, restoran dan akomodasi. Kota Tua Jakarta selalu menjadi tujuan wisata wisatawan domestik maupun mancanegara.

 Wisata Kota Tua Jakarta

Berikut beberapa tempat wisata di Kota Tua Jakarta yang wajib dikunjungi :

1. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia menampilkan informasi mengenai peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah negara, mulai dari sebelum kedatangan orang Barat ke nusantara hingga berdirinya. Bangunan museum merupakan situs warisan budaya yang dilindungi dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Museum ini juga menawarkan tur virtual yang dapat Anda lakukan kapan saja, di mana saja. Tentunya akan menjadi momen spesial untuk dinikmati bersama keluarga.
Alamat : Jl.Pintu Besar Utara No.3, RW.6, Pinansia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
Harga Tiket: Rp 5. 000
Jam Buka: Selasa - Jumat, 08.00 -15.30  dan Sabtu - Minggu, 08.00 -16.00 WIB
Tutup : Hari Senin dan Hari Libur Nasional

2. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah yang secara resmi dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta, adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah, Jakarta Barat. Museum ini merupakan salah satu tempat wisata di Kota Tua Jakarta yang sangat populer. Bangunan seluas lebih dari 1.300 meter persegi ini dulunya adalah Balai Kota Batavia, dibangun antara tahun 1707 dan 1710 atas perintah Gubernur Jenderal João van Hoorn. Kunjungi museum ini untuk mendapatkan informasi tentang sejarah Jakarta. Diantaranya adalah replika artefak dari masa Tarumanegara dan Padjadjaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, dan barang-barang seperti mebel antik dari abad ke-17 hingga ke-19. Beberapa sudut museum ini menjadi spot Instagrammable yang menjadi tempat banyak orang mengabadikan momen.

Alamat : Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Harga Tiket : Rp 2.000 – Rp 5.000
Jam Buka : Senin - Minggu 09.00 - 15.00 WIB.
Tutup : Hari Senin dan Hari Libur Nasional

3. Toko Merah Kota

Gedung berwarna merah ini menonjol dibandingkan gedung lainnya sehingga sering dijadikan lokasi berfoto. Gedung ini bernuansa sejarah dan setiap pengunjung ingin berfoto di depan Toko Merah. Keunikan inilah yang menjadikannya salah satu tempat wisata Kota Tua Jakarta. Menurut data peninggalan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bangunan Toko Mera merupakan kediaman kuno Batavia terakhir yang masih bertahan di kota tersebut.
Alamat : Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Harga Tiket :Gratis – Rp 5.000
Jam Buka : Setiap Hari 06.00 - 21.00 WIB

4. Magic Art 3D Museum

Museum Magic Art 3D merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Kota Tua Jakarta. Museum 3D yang menampilkan lukisan dan karya seni secara tiga dimensi, memberikan pengalaman baru dengan tampilan yang mempesona. Magic Art 3D Museum memiliki tujuh zona 3D dan tiga ruangan menarik lainnya.Ketujuh zona 3D ini terdiri dari: Area Lukisan Hewan Laut Harian Dinosaurus Petualangan Horor Tiga ruangan lainnya yang ditawarkan adalah Ruang Ames, Ruang Cermin, dan Kursi Optik.
Alamat : Gedung Kerta Niaga 1, Unit GF & Jl. Kali Besar Tim.  No. 9 3 6, Rt.3/Rw.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Harga Tiket :Rp 40.000
Jam Buka : Setiap Hari 10.00 - 18.00 WIB

5. Museum Wayang

Kota Tua Jakarta penuh dengan museum dengan koleksi menarik, termasuk Museum Wayang. Museum Wayan menampilkan desain bangunan unik khas bangunan Eropa yang instagramable. Di sini pengunjung akan dihibur dengan koleksi wayang, pertunjukan dan festival wayang, serta toko suvenir
Alamat : Jalan Pintu Besar Utara No.27 Pinangsua, RT. 03, RW 06, Kota Tua, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta
Harga Tiket : - Anak - anak/Pelajar Rp 2.000
                       - Mahasiswa Rp 3.000
                       - Dewasa Rp 5.000
Buka : Setiap Hari Selasa – Minggu 09.00 - 15.00 WIB
Tutup : Hari Senin dan Hari Libur Nasional

6. Museum Seni Rupa dan Kramik

Museum Seni Rupa dan Kramik Anda bisa memilih destinasi wisata edukasi yang cocok dikunjungi bersama anak kecil. Museum ini memamerkan koleksi karya seniman Indonesia dari abad ke-19 hingga saat ini. Selain itu, museum juga menawarkan kelas tembikar bagi pengunjung yang ingin belajar tentang tembikar, mengajari mereka keterampilan memetik, mencetak, dan memutar roda tembikar. Terdapat banyak fasilitas termasuk toko oleh-oleh dengan harga murah dimana anda dapat membeli oleh-oleh.
Alamat :  Jalan Pos Kota No. 2, RT.9, RW. 7, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Harga Tiket - Anak - anak/Pelajar Rp 2.000
                       - Mahasiswa Rp 3.000
                       - Dewasa Rp 5.000
Jam Buka : Setiap Hari Selasa – Minggu 09.00 - 15.00 WIB
Tutup : Hari Senin dan Hari Libur Nasional.

7. Kawasan Kali Besar

Terletak di kawasan wisata Kota Tua Jakarta, Kali Besar juga menjadi saksi bisu berbagai peristiwa sejarah di Indonesia. Kali Besar saat ini sedang direnovasi menjadi bangunan yang lebih modern dengan taman luas dan jalur pejalan kaki di atas air. Hal ini akan memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi lebih banyak kawasan wisata populer di Kota Tua. Ini Kali Besar Pinansia, Taman Sari, Jakarta Barat, dan kami merencanakan perjalanan keluarga.
Alamat : -
Jam Buka : -

8. Kantor Pos

Kantor Pos Kota Tua merupakan kantor pos pertama di Indonesia dan mempunyai peranan penting pada masa penjajahan Belanda. Menurut Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Kantor Pos Kota Tua terus melayani masyarakat hingga saat ini. Namun di beberapa daerah bangunan ini digunakan sebagai tempat pameran seni rupa kontemporer. Kawasan ini bernama Galeria Fatahilla.Kalau mampir ke sini ya, jangan lupa cek bagian galerinya ya!
Alamat : Jl. Taman Fatahillah No. 3, RT.7/RW 7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Harga Tiket : -
Jam Buka : Setiap Hari Selasa – Minggu 08.00 - 19.00 WIB




0 komentar:

Posting Komentar