Wisata Asik Kita

Selasa, 19 Desember 2023

5 Destinasi Wisata Terbaik di Indoesia untuk Menikmati Liburan Akhir Tahun 2023

Libur Akhir Tahun merupakan momen yang tepat untuk berlibur atau berwisata bersama keluargaTak hanya bisa untuk menghilangkan penat, tapi juga bisa membuat resolusi untuk tahun depan.Oleh karena itu, terkadang Anda hanya membutuhkan tempat yang damai dan tenang.Banyak destinasi wisata yang diperkirakan akan ramai dikunjungi di penghujung tahun akibat peningkatan jumlah wisatawan. Ada sejumlah tempat wisata yang bisa menjadi alternatif dan terbaik untuk menikmati liburan akhir tahun. Berikut 5 (Lima) destinasi tempat wisata di Indonesia untuk liburan akhir tahun :

1. Pulau Anyer

Pulau Anyer terletak di Kepulauan Seribu di Jabodetabek yaitu 25 menit apabila berkendara dari Dermaga Marina Ancol. Destinasi wisata yang cocok dijadikan tempat liburan. Meski dekat dengan Jakarta, pulau kecil ini memiliki daya tarik alam yang luar biasa. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengunjung. Sebaiknya Anda tidak menyelam atau snorkeling di sekitar Pulau Anyer. Sebab, polusi dari ibu kota bisa mempengaruhi kualitas air laut di sekitar pulau. Keindahan Pulau Anyer paling enak dinikmati karena pesona dan suasananya yang tenang.

2. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng selalu menawarkan panorama alam yang indah. Tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Ketinggian Dataran Tinggi Dieng kurang lebih 2.158 meter di atas permukaan laut. Jika Anda menyukai pegunungan dan suasana sejuk, Anda harus menambahkan tempat ini ke daftar keinginan Anda. Dataran Tinggi Dieng terletak di provinsi Jawa Tengah, antara kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Kawasan ini memiliki beragam tempat wisata dan sejuk untuk di nikmati pesona nya.

3. Pulau Gili Kedis

Pulau Gili Kedis yang dikenal juga sebagai “Surga Introvert” menawarkan pesona tersendiri di Sekoton Barat, NTB. Pulau ini memiliki air  laut yang jernih menyerupai kolam renang. Pulau ini menjadi tempat berkemah yang populer dengan ketenangan alamnya. Saat air surut, Gili Kedis membentuk siluet berbentuk hati yang memukau. Ini adalah tujuan sempurna bagi mereka yang mencari kedamaian dan keindahan alam yang unik.

Pemandangan Gili Kedis sungguh menakjubkan. Pantai berpasir putih bersih terhampar luas, dipadukan dengan air laut yang berwarna biru. Selain pemandangannya yang indah, alam bawah lautnya juga menakjubkan. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa inilah surga keindahan bawah laut ". Di sini Anda dapat melihat beragam biota laut. Pemandangan ikan berwarna-warni berlarian sungguh indah. Batuan karang juga mempunyai bentuk yang unik dan indah. Sobat, sewalah perahu snorkeling di Gili Nangu dan kunjungi lokasi Gili Kedis atau pesan paket snorkeling. Anda juga bisa menyewa mobil di Lombok dari Gotravela dan menuju ke Dermaga Kota Sekotong. Anda bisa mendapatkan pelayanan yang memuaskan dengan harga yang terjangkau. Dunia bawah laut masih asri tanpa campur tangan manusia. Jika Anda suka snorkeling, ini adalah tempat yang tepat untuk menikmatinya. Berwisata ke sini akan membuat anda merasa sangat rileks, pemandangan indah memang mampu memanjakan mata. Senang rasanya berbaring di pantai dan merasakan angin sepoi-sepoi.

4. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa “Surga Kecil Sumbawa” merupakan destinasi wisata populer di sekitar NTB Lombok.Dengan pantai berpasir putih seluas 15 hektar dan panjang garis pantai kurang lebih 1,73 km ini terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).Pulau ini terkenal dengan perairannya yang jernih. Fasilitas pendukung seperti pendopo dan toilet umum yang bersih juga tersedia untuk kenyamanan pengunjung.

Sumbawa sendiri memang belum setenar Lombok. Namun potensi wisata Sumbawa juga tak kalah besarnya. Bahkan wisatawan yang sudah mengetahuinya pun tidak akan pernah berhenti mengunjungi wilayah lain di Sumbawa.Tidak ada pertanyaan mengenai pulau-pulau indah di sekitar Sumbawa. Nama seperti Pulau Moyo dan Pulau Kenawa sudah lama dikenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Datang dan nikmati liburanmu di Sumbawa!

5. Raja Ampat

Berwisata ke Raja Ampat menjadi dambaan banyak orang. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan alam saja, tapi juga bisa melakukan aktivitas lain seperti menyelam, naik perahu, atau sekadar bersantai dan berfoto. Berbicara tentang Raja Ampat tidak bisa dipisahkan dari Wayag yang merupakan salah satu simbol dari tempat ini. Wayag merupakan deretan bebatuan karang berwarna hijau yang tersebar di laut biru. Panorama yang luar biasa inilah yang menjadikan Raja Ampat sebagai destinasi wisata dunia. 

Berfoto dengan latar belakang jumbai karang adalah suatu keharusan. Raja Ampat mempunyai keindahan bawah laut yang mempesona. Seluruh wilayah Raja Ampat menjadi rumah bagi setidaknya sekitar 1500 spesies ikan, 500 spesies karang, dan lebih dari 600 spesies invertebrata laut. Hal ini wajar saja mengingat 75% spesies ikan dunia terdapat di Raja Ampat. Ini juga termasuk pari manta, yang lebar tubuhnya bisa mencapai 2 meter. Aktivitas menyelam juga menjadi pilihan pertama untuk menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat. Wisatawan bisa menyaksikan sendiri betapa indahnya alam bawah laut Raja Ampat, bahkan jika beruntung bisa berenang bersama ikan pari manta yang terkenal itu. 

Spot diving bagi wisatawan di Raja Ampat sangatlah beragam, sehingga wisatawan pun bisa merasa aman. Wisatawan dapat mengunjungi Pulau Mysoul. Pulau ini merupakan salah satu dari empat pulau utama Raja Ampat. Pulau Misr sendiri terdiri dari empat bagian yaitu Misr Barat, Misr Utara, Misr Timur, dan Misr Selatan. Pulau Mysoul merupakan salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan, terutama pecinta keindahan bawah laut. Wisatawan bisa melihat dengan mata kepala sendiri berbagai ikan-ikan cantik. Selain itu, di sebelah selatan Misuru terdapat lautan terbuka yang menjadi rumah bagi hewan-hewan besar seperti pari manta dan lumba-lumba. Selain Pulau Misool, wisatawan juga bisa memilih Pulau Kuri untuk aktivitas menyelam. Inilah spot diving paling sempurna di Raja Ampat. Tidak mungkin seorang turis bisa menemukan hingga 300 atau lebih spesies ikan dalam sekali penyelaman. Berpadu dengan keindahan karang-karang kecil, menyelam di Pulau Kurri menjadi pengalaman tak terlupakan. Selain kedua tempat tersebut, masih banyak lagi tempat wisata di Raja Ampat yang bisa kamu nikmati indahnya keindahan bawah lautnya. Sebut saja Star Lagoon, Magic Mountain, Blue Magic, Dampier Strait, dll. Tentunya berbagai spot diving ini memberikan banyak kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat.

Selamat Liburan !!!

0 komentar:

Posting Komentar