Wisata Asik Kita

Sabtu, 16 Desember 2023

Objek Wisata Alam Purwokerto

       Purwokerto dikenal sebgai pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Purwokwerto merupakan wilayah yang unik. Selain memiliki keunikan di Purwokerto ini memiliki objek Wisata Alam yang sangat menarik dan menyejukan mata. Berikut ini ada 4 (Empat) Objek Wisata Alam yang berada di Purwokerto :

1.Baturraden



       Baturaden adalah salah satu kebun raya yang berada di Pulau Jawa tepatnya berada di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Istilah Batur raden ini berasal dari dongeng yang berkembang di masyarakat. Sekitar pada tahun 2000, Megawati berkunjung untuk menutup acara Jambore Nasional di Baturraden. Kepada Gubernur Jawa Tengah yang dijabat oleh H Mardiyanto, Megawati mengingatkan jika Jawa Tengah adalah satu-satunya provinsi di Pulau Jawa yang belum memiliki kebun raya. Di kawasan tersebut terdapat perkebunan pinus, damar, rasamala, serta beberapa jenis rotan seperti sisipan. Selain itu, Kebun Raya Baturraden juga telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi ex situ untuk flora pegunungan Jawa. Berwisata ke Baturaden sangat cocok untuk me Refresh otak kita yang lelah bekarja. Harga tiket masuk ke wisata Baturaden ini sebesar Rp 20.000 Senin - Jumat (Weekday) dan Rp 25.000 pada Sabtu - Minggu (Weekend dan Libur Nasinoal.

2.Curug Telu



      Untuk warga sekitaran Purwokerto tidak asing lagi dengan salah satu wisata alam ini yaitu curug telu.Sesuai dengan namanya dalam bahasa jawa yang artinya air terjun tiga tempat ini memiliki tiga air terjun satu beraliran kecil dan dua beraliran besar.Berada dibawah gunung slamet wisata curug telu tidak usah diragukan lagi dengan suasananya yang dingin dan juga air yang jernih.Jarak curug telu dari pusat kota Purwokerto sejauh 14 km.
Rute perjalanan ke tempat wisata ini, di mulai dari kota Purwokerto berjalan ke arah utara melewati daerah Pabuwaran lurus. Jika sudah menemukan gapura Baturaden belok ke arah kanan ikuti jalan saja.Jika sudah dekat dengan tempat wisata akan disuguhi pemandangan hijau pesawahan yang pastinya memanjakan mata. Selain itu jalan menuju curug telu sudah terbilang bagus. Apabila sudah sampai tidak langsung dihadapkan dengan curug telu namun akan berjalan sedikit menurun dan yang pertama akan disuguhi suara gemricik air. Berjalan menurun yang akan dijumpai yaitu sendang bidadari, kedung pete kemudian curug telu.Untuk bisa berlibur ke tempat wisata ini,anda harus menyiapkan uang sebesar Rp. 7.000 saja per Orang. Anda sudah bisa berlibur sepuas nya dan tambahan nya bayar parkir Rp 2.000.

3. Taman Lalu Lintas Anak Bangsa 


     Taman wisata ini satu koplek dengan  dengan Terminal Bulupitu, Purwokwerto serta memiliki berbagai lintasan untuk bermain dan belajar mengenai lalu lintas. Taman edukasi yang terletak di depan terminal ini dapat memberikan pengetahuan mengenai lalu lintas kepada anak-anak. ada beberapa instrumen lalu lintas seperti tanda-tanda yang biasa ditemui di pinggir jalan, lampu lalu lintas, serta zebracross sehingga dapat memberikan semacam simulasi mengenai berperilaku yang baik dalam mengemudi dan pengetahuan tentang lalu lintas. Untuk menikmati Taman Lalu lintas Anak Bangsa ini kita cukup mengeluarkan uang bayar parkir Rp 2.000,-/roda -4 dan Rp 1.000,-/roda 2.

4. Taman Andhang Pangrenan



       Taman Rekreasi Andhang Pangrenan merupakan objek wisata buatan berupa taman kota berbasis ruang terbuka hijau. menariknya di taman ini dapat melakukan berbagai kegiatan wisata seperti wisata kuliner, wahana bermain anak-anak atau hanya sekedar menikmati udara sejuk.Tempat ini cocok buat yang hobby jalan santai atau jogging pagi ataupun sore hari. Lokasinya berada di Kel. Karangklesem, Kec. Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Taman Rekreasi Andhang Pangrenan ini juga tempat yang cukup instagramable loh di malam hari karena pada malam hari di sini bisa menikmati gemerlap lampion kertas dan tanaman kertas yang menghiasi taman. Tempat ini juga memiliki nilai budaya yakni terdapat patung tokoh pewayangan dari Punakawan bernama Bawor yang berada di dekat kedua gerbang. Maskot Bawor ini memiliki filosofi yang mencerminkan karakter dari masyarakat Banyumas dengan sifat kerja keras, jujur, mau menerima, dan blak-blakan. Tidak lupa, tempat ini juga dekat dengan akomodasi seperti restoran, hotel, dan tempat ibadah berupa Masjid. Pokok nya seru banget dengan cukup membayar tiket masuk seharag Rp 2.500 - Rp 5.000.

0 komentar:

Posting Komentar