Wisata Asik Kita

Senin, 08 Januari 2024

Daya Tarik Wisata Alam Brown Canyon Semarang

 

Arizona Amerika Serikat, terdapat tebing curam dan indah yang disebut Grand Canyon. Namun jangan salah, Indonesia kini punya saingan di Semarang. Brown Canyon menyambut wisatawan dengan pemandangan alamnya yang indah di kawasan perbukitan. Tebing tinggi berwarna pasir menambah panorama alam  tempat ini.

Bagaimana sejarah Brown Canyon ?. Ayo. Cari tahu lebih lanjut tentang Brown Canyon Semarang pada ulasan di bawah ini!

Pemandangan Brown Canyon Semarang

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini untuk berfoto dengan latar belakang tebing buatan yang menjulang tinggi. Tak hanya perbukitan yang dijadikan latar belakang berfoto, genangan air yang didapat saat penggalian pun kerap dijadikan  objek para wisatawan. Wisata Brown Canyon  sebenarnya bukanlah destinasi wisata yang dibuka secara resmi oleh pemerintah, namun keunikan yang dimilikinya menjadikannya tempat yang menarik bagi warga lokal maupun wisatawan luar daerah yang ingin mengunjungi tempat ini. Keindahan alam dan panorama  tempat ini sering dijadikan oleh para pecinta fotografi sebagai spot foto untuk mengabadikan momen seperti menjelang pernikahan.

Di sini  wisatawan bisa menyaksikan tebing-tebing tinggi yang dikelilingi  pepohonan hijau di kawasan puncak gunung, membuat kawasan ini semakin menarik. Bagi yang ingin melihat Sunset di Semarang, waktu terbaik berkunjung adalah pagi dan sore hari. Anda juga bisa mengamati proses penambangan dari dekat. Tentu saja, tentunya  harus mematuhi aturan yang sudah di tentukan  aturannya !.

Sejarah Brown Canyon Semarang

Brown Canyon awalnya tidak dibuat sebagai tujuan wisata umum. Kawasan ini terbentuk oleh kekuatan alam dan bekas penggalian dari proyek yang terbengkalai. Penambangan di sekitar Semarang membentuk tebing Brown Canyon. Kawasan wisata di Semarang ini merupakan kawasan galian C yang telah digunakan sebagai lokasi penambangan selama lebih dari 10 tahun. Awalnya, lokasi tersebut merupakan pusat penghidupan para penambang yang terpaksa membuang tanah dan batu  untuk keperluan industri. Beberapa hari kemudian, terjadilah penambangan yang  membentuk lengkungan tebing tinggi berwarna coklat yang indah dan unik. Banyak orang bilang kalau tebing ini mirip dengan Grand Canyon  di Arizona Amerika Serikat. Berkat kemajuan teknologi, tempat yang sampai sekarang belum dikenal ini dengan cepat mendapatkan popularitas dan menarik wisatawan lokal dan internasional. Wisatawan dari berbagai negara berduyun-duyun ke sini untuk melihat langsung keindahan Brown Canyon dan tebing-tebing yang menjulang tinggi di pusat kota.

Fasilitas dan Daya Tarik Brown Canyon Semarang

Selain  pemandangan tebing yang eksotis, Brown Canyon memiliki beberapa daya tarik lain yang bisa dinikmati. Apa saja hal menarik yang patut dikunjungi di Brown Canyon?. Berikut  daftarnya :

1. Tempat Pre-Wedding

Siapa yang menyangka kalau tempat wisata kebetulan ini bisa menarik perhatian para pecinta fotografi dan calon pengantin? Brown Canyon atau dikenal juga dengan tebing batu merupakan pusat fotografi pernikahan bagi pengantin baru. Banyak fotografer yang mengabadikan momen  pengantin baru dengan mengenakan berbagai busana mewah dan cantik. Tempat ini telah dibangun selama lebih dari 10 tahun dan terlihat seperti berada di tengah  pasir.

2. Kolam Alami Brown Canyon

Salah satu hal yang menarik dari tempat ini adalah adanya kolam. Kolam ini memiliki tepian yang panjang dan menjadi tempat yang populer bagi pengunjung. Wajar saja jika kehadiran kolam  di antara bebatuan dan pasir tampak menyegarkan dipandang mata. Yang unik dari kolam ini adalah kolam ini tercipta secara tidak sengaja. Saat musim hujan, retakan besar pada tebing biasanya terisi air. Lalu ada kolam berwarna kehijauan. Meski begitu, kolam ini menyejukkan mata dan membuat siapapun yang memandangnya terpesona.

3. Berfoto Selfie

Salah satu kegiatan yang sayang apabila dilewatkan adalah foto selfie. Berfoto di antara batu-batu besar yang menjulang tinggi memberikan latar belakang yang menarik. Spot paling populer adalah di dekat dua tebing tinggi. Di sudut yang tepat, pengunjung bisa mengambil foto diri dan kemegahan alam sekitar. Selain kedua tebing tersebut, masih banyak tebing besar lainnya yang bisa difoto. Kamera dengan lensa sudut lebar akan memiliki area gambar yang lebih luas pada saat ini. Tak hanya itu, batu-batu besar tersebut juga bisa dijadikan sebagai properti foto sehingga Anda bisa mengambil foto dari berbagai sudut.

Lokasi dan Harga Tiket Brown Canyon


Tempat wisata ini berlokasi di Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50279.Anda dapat mencapai objek wisata ini sesuka Anda. Wisatawan dapat menempuh jalur pasar Meteseh melalui Tembalang, Kedungmundu dan RSUD Kripan. Objek wisata Brown Canyon di Semarang sebenarnya tidak dibuat secara sengaja. Anda tidak perlu membayar tiket untuk memasuki kawasan ini, masuknya gratis. Namun menurut informasi wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat tersebut, warga sekitar terkadang memungut biaya. Pengunjung dapat berdonasi sebanyak yang mereka suka.

Tidak sabar untuk mengunjungi  Brown Canyon yang terkenal di Semarang bersama keluarga? Jangan lupa  kacamata hitammu agar tidak kena debu, yaa!

0 komentar:

Posting Komentar