Wisata Asik Kita

Selasa, 02 Januari 2024

Wisata Hutan di Tengah Kota, Wisata Mangrove PIK

 

Jalan-jalan di tanggal merah atau di akhir pekan memang sangat dinanti-nanti, ya! Terlebih, kawasan Pantai Indah Kapuk kini menjadi primadona. Jika Anda mengunjungi PIK, Anda akan menemukan White Sand Beach di PIK 2 dan juga pastinya Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk. Biasanya wisata ini lebih dikenal dengan Hutan Mangrove PIK. Di dalam lokasi ini terdapat ekosistem mangrove dan habitat burung air.

Lokasi wisata ini tentunya sangat menarik wisatawan. Sebab lokasi yang berada di tengah kota bahkan di antara gedung-gedung tinggi, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang mungkin jarang ditemukan di perkotaan. Kawasan konservasi alam mangrove memiliki luas sebesar 99,82 Ha yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam.

Yuk, intip serba-serbi wisata Mangrove PIK, di sini!

Keindahan Wisata Mangrove PIK

Nah, sebelum kita mengetahui apa saja yang ada di mangrove PIK, yuk kenali dulu tentang mangrove PIK.

Menurut laporan dari Jakarta Mangrove, kawasan tersebut sebelumnya dikelola oleh puluhan petani ikan ilegal dan restorasi dimulai pada tahun 1998. Kawasan yang semula hutan kini menjadi kawasan tambak ikan. Hal ini tidak hanya merusak pepohonan tetapi juga merusak alam dan ekosistem mangrove. Setelah  12 tahun berupaya memulihkan ekosistem dan mengusir petani liar dari kawasan tersebut, mangrove PIK akhirnya  kembali diberi nama TWA Angke Kapuk. Seperti yang di ketahui, Jakarta merupakan daerah padat penduduk  dengan  tingkat polusi udara yang tinggi. Oleh karena itu, seringkali sulit menemukan lahan hijau  di ibu kota. Hutan bakau diketahui mampu meredam gelombang besar seperti tsunami, namun hutan bakau menyerap karbondioksida lima kali lebih banyak dibandingkan hutan tropis  dataran tinggi. Hutan bakau kini berfungsi sebagai habitat dan perlindungan spesies satwa liar. 

Selain satwa liar, tempat ini juga sering dikunjungi oleh anak-anak sebagai bagian dari perjalanan edukasi mereka. Harga tiketnya sendiri bervariasi tergantung aktivitas yang ingin dilakukan. Tiket masuk dewasa Rp 30.000 pada hari kerja dan Rp 35.000 pada akhir pekan.Sedangkan harga tiket anak usia 1 hingga 12 tahun mulai dari Rp 15.000 di hari biasa dan Rp 20.000 di akhir pekan.Sedangkan WNA dikenakan biaya Rp 125.000 pada hari biasa dan Rp 175.000 pada akhir pekan.

 Berbagai Kegiatan yang ada di Wisata Mangrove PIK

Objek Wisata Mangrove PIK menawarkan beragam aktivitas selain menjelajahi alam dan hutan yang indah.

   Berikut beberapa aktivitas yang bisa kita temukan di  kawasan mangrove PIK.

1. Penanaman Pohon Mangrove

Selain berwisata, pengelola Wisata Mangrove PIK juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk ikut serta dalam penanaman mangrove. Tidak ada batasan usia untuk menanam pohon dan siapapun dapat berpartisipasi. Dengan cara ini, tidak hanya anak kecil tetapi juga orang dewasa dapat merasakan keterhubungan dengan alam. Kita dikenakan biaya penanaman sebagai berikut: Penanaman Mangrove Rp 150.000/Pohon, Penanaman Nostalgia (1 pohon Mangrove dan Papan Nama) Rp 500.000/Paket.

2. Wisata Air

Wisata air yang ditawarkan sangat beragam antara lain speedboat, perahu dayung, sepeda air katak, dan Perahu  kano. Harga berbeda berlaku untuk aktivitas wisata air  yang berbeda. Speedboat Rp 350.000 6 orang/perahu, Rp 450.000 8 orang/perahu,  Perahu Dayung Rp 100.000/unit (maks. 4 orang), Sepeda Air Kodok Rp 100.000/unit, Perahu Kano 100.000/Unit.

3. Tour Mangrove

Tentunya kegiatan ini  wajib dilakukan setiap kali Anda berkunjung ke Mangrove PIK. Karena setiap orang yang datang kesini ingin menjelajahi hutan bakau yang ada di tengah kota. Kegiatan ini berupa perjalanan speedboat selama 30 menit bersama pengunjung lainnya. Setiap pengunjung akan ditemani oleh pemandu wisata saat menjelajahi lahan basah dan hutan. Namun untuk  menikmati aktivitas ini, tour membutuhkan minimal  4 orang dengan biaya Rp 175.000 per orang. Jika kurang puas, Bisa memperpanjang waktu tur dengan biaya tambahan tentunya.

Sekian informasi tentang Wisata Mangrove PIK yang Lokasinya di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk anak-anak belajar tentang alam dan berbagai jenis hewan air lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar